Syarat Nikah Siri di Indonesia

Syarat Nikah Siri di Indonesia

Syarat nikah siri di Indonesia yang mudah membuat tidak sedikit orang menyelenggarakan kegiatan ini. Khususnya bagi pasangan kekasih yang ingin sesegera mungkin mengesahkan jalinan hubungan ke jenjang lebih serius. Pernikahan siri di jasa nikah siri juga menawarkan biaya yang jauh lebih terjangkau ketimbang pernikahan di KUA. Tidak heran saat ini fenomena nikah siri begitu merebak di negara ini.

Syarat Nikah Siri di Indonesia

1.     Mencukupi Rukun Nikah

Syarat mutlak melakukan nikah siri ialah dirasa sudah mencukupi rukun nikah sesuai dengan anjuran agama Islam. Syarat mutlak tersebut di antaranya adanya mempelai laki-laki, mempelai perempuan, wali nikah, saksi sebanyak dua orang serta dilafadzkannya kalimat ijab kabul. Apabila pasangan calon pengantin telah memenuhi syarat tersebut, maka berarti sudah memenuhi syarat pertama.

2.     Belum Beristri Empat

Bagi bakal mempelai laki-laki yang ingin mengadakan nikah siri, maka tidak diperbolehkan mempunyai istri lebih dari empat. Di samping itu, bakal mempelai juga harus meminta izin terlebih dahulu kepada istri-istri sebelumnya untuk melakukan nikah siri. Ini penting agar pernikahan siri yang hendak dilakukannya menjadi sah di mata agama karena sepengetahuan istri-istri terdahulunya.

3.     Telah Mendapat Izin Menikah

Bagi mempelai perempuan yang ingin nikah siri, maka harus memperoleh izin terlebih dahulu dari wali sah. Jika sudah mendapatkan izin tersebut, maka pernikahan akan dianggap sah. Wali sah yang utama bagi bakal mempelai perempuan tentu saja adalah ayah kandungnya sendiri. Akan tetapi, jika ayah kandung sudah meninggal maka dapat digantikan oleh kakak maupun adik laki-laki.

4.     Tidak Dilakukan Sembunyi-Sembunyi

Walaupun pernikahan siri dirasa jauh lebih simpel ketimbang pernikahan di KUA, akan tetapi pernikahan ini tetap tidak boleh dilakukan secara sembunyi-sembunyi. Terlebih bagi keluarga bakal mempelai perempuan. Pernikahan siri harus tetap disiarkan. Penunjukan wali hakim juga tidak boleh sembarangan. Seluruhnya harus sesuai dengan anjuran dalam agama Islam.

Jika Anda dan pasangan ingin menyegerakan ikatan pernikahan yang sah di mata agama, maka dapat langsung mendatangi jasa nikah siri terdekat di kota Anda. Jangan sampai melewatkan syarat-syarat yang wajib Anda penuhi untuk melakukan nikah siri. Terlebih syarat nikah siri di Indonesia sangat mudah dicukupi.