Pahami kebutuhan karyawan agar betah bekerja

Tak jarang banyak yang resign dari tempat mereka bekerja karena beberapa alasan tertentu. Bahkan dengan adanya karyawan yang resign, perusahaan merasa merugi karena kehilangan SDM yang memang benar-benar dibutuhkan. Nyatanya tidak semua perusahaan mampu memahami kebutuhan para karyawannya agar merasa nyaman dan betah bekerja pada perusahaan tersebut, sehingga mengundurkan diri dianggap solusi tepat bagi karyawan.

Nah untuk mengurangi adanya gelombang resign dari para karywan yang bekerja pada suatu perusahaan, harusnya perusahaan memahami kebutuhan karyawan dibawah ini menurut tugaskaryawan.com diantaranya adalah :

  1. Adanya keinginan untuk berkembang
    Tidak selamanya seorang karyawan merasa nyaman pada suatu posisi tertentu, karyawan yang memiliki motivasi yang tinggi pasti menginginkan adanya perkembangan dengan karirnya, jadi tidak salah jika ada karyawan yang memilih resign dari tempat kerjanya merasa sudah bekerja lama pada perusahaan tersebut tidak ada kejelasan
  2. Kebutuhan dasar karyawan
    Seperti halnya uang transportasi, uang makan, seragam adalah kebutuhan mendasar bagi semua pekerja, apabila pihak perusahaan tidak bisa memfasilitasinya, tak heran jika banyak karyawan yang memilih mengundurkan diri, terlebih jika dihitung-hitung gaji yang diterima cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Dengan begitu pihak perusahaan perlu mengatur ulang manajemen keuangan bagi karyawan agar merasa tidak merugikan satu sama lain.
  3. Adanya reward
    Jika karyawan sudah memberikan kontribusi lebih bagi perusahaan, sudah mencapai prestasi yang menguntungkan perusahaan, namun pihak perusahaan tidak memberikan reward ataupun apresiasi dalam bentuk apapun, hal inilah salah satu faktor pemicu karyawan akan mencari pekerjaan lain, karena merasa jika masih bertahan pada perusahaan tersebut sama saja merasa tidak dihargai.
  4. Adanya tunjangan kesehatan
    Mengingat faktor kesehatan itu sangat penting karena sangat berpengaruh pada tingkat produktivitas saat bekerja, adanya fasilitas tunjangan kesehatan mampu memberi efek bagi karyawan bekerja, karena merasa pihak perusahaan menghargai salah satu kebutuhan karyawannya.

Sebenarnya masih ada kebutuhan-kebutuhan dasar lainnya, namun ke 4 kebutuhan diatas dianggap yang paling penting, sehingga perusahaan harus menerapkan beberapa hal tersebut sebagai wujud kepedulian kepada SDM yang dipekerjakan.