Cara Agar Dinding Rumah Tidak Retak

Cara Agar Dinding Rumah Tidak Retak

Cara Agar Dinding Rumah Tidak Retak – Layaknya kulit tubuh kita, dinding di rumah anda kemungkinan besar merupakan salah satu bagian yang terluas dari rumah. Perannya pun terbilang penting, mulai dari untuk melindungi bagian interior rumah, memberikan kenyamanan bagi anggota keluarga, sampai memberikan kesan estetika/keindahan pada rumah tinggal Anda.

Bagi sebagian orang yang memiliki rumah pribadi, melakukan cat ulang pada dinding rumah menjadi salah satu kegiatan wajib dalam rangka menyambut momen penting seperti hari raya.

Mengganti warna cat pada dinding juga menjadi sebuah cara dalam mengubah suasana dalam rumah menjadi terlihat lebih segar dan menambah energi positif. Dinding rumah yang selalu rutin dirawat juga mempunyai pengaruh terhadap nilai jual rumah Anda di masa mendatang. Dengan fungsi dinding yang terbilang penting, ada baiknya Anda tidak luput untuk menyempatkan waktu dalam merawat dinding rumah secara berkala.

7 Cara Agar Dinding Rumah Awet Tidak Gampang Retak

Pembuatan dinding rumah bisa menggunakan dari berbagai bahan material, seperti semen, beton, bata, kayu, kaca, batako, baja, dan lain dan bahan matrial lainya. Namun pada masing-masing bahan tentu memerlukan cara perawatan spesifik yang berbeda, tetapu, pada umumnya ada beberapa hal mendasar yang penting untuk Anda ingat dalam merawat dinding, yaitu :

Gunakan Cat Yang Terbaik

Saat memilih cat untuk dinding rumah, jangan memilih dari segi warna dan harga saja. Pilihlah merek cat yang mempunyai spesifikasi terbaik sesuai dengan yang anda inginkan. Cat dinding yang beredar dipasaran, kini sudah dibekali teknologi canggih seperti misalnya mengandung silikon dan bahan yang kedap air, berguna dalam melindungi dinding rumah dari kelembapan yang dapat mengancam kekokohan dinding dan menimbulkan kerusakan.

Jika Anda mempunyai buah hati yang masih balita, disarankan memilih cat dinding semi-gloss atau gloss yang memiliki kandungan latex polymer. Gunanya Tidak sebatas hanya membuat tampilan dinding tampak bercahaya, kandungan ini juga mencegah partikel debu agar tak mudah menempel, selain itu dinding rumah anda juga lebih mudah dibersihkan dengan menggunakan kain lembap saja. Cat modern jaman sekarang sudah dibuat lebih agar cepat kering meski dalam kondisi cuaca yang mendung sekalipun, tapi hal ini akan mempengaruhi dari kualitas hasil pengecatan. Cat akan melekat lebih sempurna pada dinding dan warna cat lebih rata sempurna.

Bersihkan dinding rumah

Agar dinding rumah selalu terlihat bersih, sesekali anda sempatkan waktu untuk bersihkan jaring laba-laba serta debu menggunakan vacuum cleaner yang memiliki sikat halus atau bisa juga gunakan sampu lantai yang panjang. Meski terdapat noda di dinding, jangan menggosok kain dan menyikat terlalu bersemangat karena cat dapat mengelupas.

Noda didning memang mudah hilang, tapi warna dinding berubah jadi belang dan terlihat kurang menarik. Bila ada noda berasal dari benda yang mengandung minyak, seperti misalnya percikan minyak goreng, noda lipstik, atau noda dari crayon warna, Anda bisa membersihkan noda tersebut dengan menggunakan kain lembap yang diberi sabun cuci piring.

Jangan lukai dinding rumah

Seperti kulit tubuh kita, dinding juga mudah tergores, cacat, dan terkelupas karena berbagai macam penyebab. Salah satunya disebabkan oleh persinggungan dengan perabot rumah tangga. Hindarilah hal ini dengan memberikan jarak antara dinding dengan perabotan. Atau bisa menggunakan karet maupun selotip pada bagian perabot yang bersentuhan langsung dengan dinding rumah.

Perhatikan kelembapan dinding rumah

Dinding yang lembab akibat dari turunya hujan, rembesan air, ataupun kondisi dalam rumah yang kurang bagus akan menyebabkan cat dinding mudah memudar dan mudah mengelupas, serta dinding rumah mudah sekali ditumbuhi lumut. Dampaknya Tak hanya menjadikan dinding tidak enak dipandang, hal ini juga kurang baik untuk kesehatan penghuni rumah.

Selalu perhatikanlah segala sesuati yang ada hubunganya dengan air di sekitar area dinding, seperti bagian talang air, bagian pipa pembuangan air. Air yang merembes ke dalam dinding seiring waktu akan menyebabkan dinding menjadi rapuh.

Hindari retak pada dinding rumah

Retak yang terkadi pada dindng dapat disebabkan oleh banyak hal. Lakukan pemeriksaan secara berkala untuk menemukan sumber retakan pada dinding rumah. Bencana gempa bumi yang mampu membuat retak dinding memang sulit untuk kita hindari, akan tetapi faktor penyebab lain yang mungkin saja menjadi pemicunya seperti akar dari tanaman besar yang berada di dekat dinding atau galian di sekitar dinding masih bisa untuk kita hindari.

Dlam pencegahan retak dinding sebenarnya bisa dimulai sejak rumah sedang dibangun, yaitu dengan membuat pondasi dan rangka-rangka rumah yang kuat, menggunakan beton sebagai dinding serta bahan matrial untuk membuat dinding menggunakan yang berkualitas sehingga tak mudah retak. Sekarang ini saat yang tepat bila ingin menggunakan beton sebagai bahan utama dinding rumah, karena harga ready mix cor beton lagi turun.

Proteksi dinding rumah di bagian luar

Dinding rumah bagian luar menghadapi tantangan yang teramat besar, terutama karena harus menghadapi langsung dengan panasnya udara, hujan lebat, polusi udara, angin kencang, atau suhu udara yangterlalu dingin. Di negara Indonesia yang beriklikm tropis memiliki curah hujan yang tinggi, terpaan air hujan secara terus menerus bisa menyebabkan dinding menjadi lembap dan muncul retakan-retakan kecil dan jika dibiarkan terlalu lama retakan tersebut ukuranya semakin membesar.