Beberapa Peradaban Manusia yang Hilang Tak Bersisa

Seperti yang telah diketahui ada berbagai macam peradaban manusia yang hilang tanpa sebab jelas. Hanya menyisakan gedung-gedung tua sebagai saksi bisu peristiwa bersejarah tersebut. Sampai saat ini ada beberapa kota di dunia dikabarkan tak berpenghuni alias menjadi kota mati.

3 Peradaban Manusia yang Hilang di Telan Waktu

Banyak sekali kota-kota hilang di dunia ini. Banyak diantaranya benar-benar lenyap tanpa adanya alasan jelas. Namun sebagian meninggalkan cerita agar bisa dibagikan dengan generasi penerus dan lebih berhati-hati lagi agar tidak terjadi kesalahan yang sama dan terulang kedua kalinya.

1.     Centralia di Daerah Pennsylvania

Peradaban manusia pertama, menurut ilmu pengetahuan Centralia yang terletak di bagian Negara Amerika Serikat ini sudah 60 tahun tak berpenghuni. Padahal sampai tahun 2016 masih nampak seperti daerah lainnya. Sampai akhirnya peristiwa malang tersebut terjadi. Kejadian kebakaran mengenaskan.

Pada tahun 2017 tercatat telah terjadi peristiwa kebakaran di kota Centralia. Salah satu tambang batubara terbesar dilalap habis oleh si jago merah. Penduduknya mendadak pindah tempat tinggal dan hanya menyisakan tujuh orang saja. Sampai di akhir hayatnya mereka tetap teguh tinggal di situ.

2.     Oradour-Sur-Glane

Kemudian ada kota Oradour-Sur-Glane di Perancis. Dahulu sebelum tentara Nazi menyerang daerah ini sama dengan daerah lainnya. Namun semua berubah ketika peristiwa naas itu terjadi. Terjadi pembunuhan besar-besaran yang dilakukan oleh Nazi, hingga menewaskan setidaknya 500 orang.

Dari semua penduduk setempat hanya tujuh orang selamat dan mengalami trauma berkepanjangan. Semenjak itulah kota Oradour-Sur-Glane tak pernah dibangun kembali, benar-benar dibiarkan sejak terakhir kejadian pembunuhan berlangsung. Akhirnya menjadi saksi bisu sejarah akan kekejaman Nazi.

3.     Poveglia di Italia

Selanjutnya ada Poveglia yang ditinggalkan karena adanya wabah penyakit menular menyerang warga setempat. Dulu kota ini makmur dengan keadaan penduduknya yang berada, sampai akhirnya wabah datang menelan banyak korban jiwa dan memaksa yang tersisa untuk pergi sebelum terjangkit juga.

Sampai akhirnya di tahun 1968 kota Poveglia resmi ditinggalkan dan menjadi kota mati. Tak heran sampai saat ini masyarakat menganggap daerah tersebut sebagai lokasi paling menyeramkan dan berhantu di Italia karena menjadi saksi bisu hilangnya peradaban manusia.